Tujuan


Menghasilkan tenaga pendidik yang profesional dalam bidang pendidikan geografi dan sarjana Pendidikan Geografi yang mandiri dan mampu berpikir secara sistematis terpadu serta mampu merealisasikan ilmunya dalam bidang pekerjaan yang relevan, khususnya yang berkaitan dengan pofesinya sebagai guru geografi

Secara umum tujuan Jurusan Pendidikan Geografi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan tenaga kependidikan akademik dan profesional dalam bidang geografi.
  2. Menghasilkan tenaga guru pendidikan geografi untuk jenjang pendidikan menengah (SMP dan SMA/MA) yang menunjang sistem pendidikan nasional.
  3. Melaksanakan darma penelitian dalam bidang geografi dan kependidikan geografi yang memiliki keterkaitan dengan darma pendidikan dan pengajaran, serta dharma pengabdian pada masyarakat.
  4. Melaksanakan program pengabdian pada masyarakat yang berhubungan dengan pemecahan masalah-masalah kependidikan dan pembangunan yang terkait dengan dharma pendidikan dan pengajaran, serta dharma penelitian.
  5. Tujuan tersebut di atas dapat dicapai melalui proses belajar mengajar dengan kurikulum yang sudah dirumuskan. Proses belajar mengajar ini dilakukan dengan berbagai macam cara, baik belajar mengajar di dalam kelas dan di lapangan serta diakhiri dengan penyusunan tugas akhir berupa penulisan skripsi