Perkenalkan Geografi Kepada Anak Sejak Dini


Foto : Perkenalkan Geografi Kepada Anak Sejak Dini

Ilmu geografi merupakan suatu ilmu yang sangat dekat dengan manusia walaupun kadangkala keberadaannya tidak disadari. Mempelajari ilmu geografi itu identik dengan bagaimana kita dapat berfikir secara keruangan (spasial) atau spatial thinking.

 Mempelajari Geografi bukanlah hal yang sulit, apalagi bila dipelajari sedini mungkin sejak usia dini. Kemudahan belajar pada anak usia dini ini tidak lepas dari otak anak kecil yang masih seperti “spons” sehingga mudah untuk menyerap pelajaran yang diberikan. Selain itu, pada usia dini, anak menganggap proses belajar merupakan sesuatu yang menyenangkan, seperti bermain. Sehingga, mereka akan sangat antusias ketika mempelajari sesuatu.

Pada hakikatnya pembelajaran diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh atau menekankan pada pengembangan seluruh aspek kepribadian anak dan keterampilan

Proses belajar merupakan kegiatan yang sangat mendasar dalam setiap jenjang pendidikan. Pembelajaran memiliki makna adanya kegiatan mengajar dan belajar yang berorientasi pada kegiatan pengembangan peserta didik. Albert Miller berpendapat bahwa dalam pengembangan program pembelajaran bagi anak usia dini seharusnya bereksplorasi dengan aktivitas bermain yang mengutamakan adanya kebebasan bagi anak untuk bereksplorasi dan berkreativitas (Sujiono, 2009).

Dalam rangka memfasilitasi dan membantu pengembangan program pembelajaran bagi anak usia dini untuk bereksplorasi dan berkreativitas, Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Siliwangi mendapat kunjungan spesial dari Siswa Sekolah Dasar (SD) Baiturrahman Tasikmalaya (http://www.baiturrahman.sch.id/).

Pelaksanaan pembelajaran Geografi ini dilaksanakan di Laboratorium Geografi Universitas Siliwangi (21/04/2016). Tujuan dari kegiatan ini adalah agar pelaksanaan pembelajaran Geografi tidak monoton dan supaya Geografi tidak dipandang sebagai ilmu hapalan. Pada umumnya dalam pembelajaran Geografi di Sekolah Dasar, guru hanya menunjukkan nama-nama kota, gunung-gunung, sungai dan sebagainya hanya sebatas pengetahuan saja. Minimnya kemampuan guru dalam menguasai kompetensi guru Geografi merupakan salah satu faktor penyebab pelaksanaan pembelajaran Geografi di sekolah dasar kurang berjalan sebagaimana mestinya.

Melalui kegiatan bersama ini, kami mencari solusi untuk perbaikan pembelajaran geografi pada pendidikan dasar di sekolah dasar (SD). Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para siswa dapat :

  1. Memiliki keterampilan membaca peta dan menginterpretasikan informasi
  2. Mampu menyelesaikan masalah dalam pelajaran atau dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mengenali dunia disekitarnya dan melakukan eksplorasi sehingga menemukan fenomena-fenomena mengenai lingkungan disekitar mereka