Pendidikan dan Riset Geografi Masih Terkendala


Perkembangan pendidikan dan riset geografi di tingkat nasional dan dunia masih banyak mengalami kendala. Geografi di tingkat dunia bergeser dan berintegrasi dengan berbagai bidang ilmu seperti spasial sains, geosains, regional planning, dan lingkungan. Sedangkan geografi di Indonesia masih bertahan pada eksistensi geografi yang holistik mengkaji aspek fisik, manusia, wilayah, dan lingkungan serta sistem informasi.

 

Dalam Seminar Arah Pendidikan dan Riset Geografi di Indonesia yang dihelat di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, pada tanggal 16 Oktober 2010 dipaparkan bahwa pendidikan dan riset geografi di Indonesia terus mengarah pada kompetensi yang meyakinkan dapat menyelesaikan masalah nasional dan global. Sudah sejak lama geografi dipelajari baik pada era deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, hingga saat ini mengarah ke era kuantitatif matematis eksperimental.

 

Mengingat pentingnya ilmu ini maka para geograf perlu memberikan cara mengembangkan spasial intelegensia yang sangat diperlukan bagi generasi penerus. Apalagi perkembangan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografi (SIG) yang pesat dan mudah.

 

Disamping kendala tersebut, perkembangan penelitian geografi sebenarnya semakin menggembirakan. Hal ini terlihat dari representasi model-model spasial, ekologis dan wilayah dengan dukungan data multivariate geografis yang makin nyata. Penelitian geografi dicirikan dengan bidang, tahap pembangunan dan orientasi sektoral yang berkembang dalam kegiatan masing-masing institusi.

 

Dalam forum seminar ini juga disampaikan adanya revisi kurikulum geografi dalam lima aspek yang dipelajari dari tingkat dasar hingga SMA. Kelima aspek itu meliputi gejala alam dan sosial, sumber daya dan pengembangan wilayah, pelestarian lingkungan hidup, mitigasi bencana, dan SIG.

 

Dikutip dari : http://kampus.okezone.com/read/2010/10/16/373/383184/pendidikan-dan-riset-geografi-masih-terkendala
Download Materi di : https://dl.dropbox.com/u/91752730/hartono_ge0-riset.pdf