Kiprah Mahasiswa Geografi Unsil dalam Kompetisi Geo-Environment Scholars Championship (GEOS) tahun 2012


Geo-Environment Scholars Championship (GEOS) merupakan kompetisi penulisan karya ilmiah yang diselenggarakan oleh Geography Study Club (GSC) Fakultas Geografi UGM kerja sama dengan Program Pascasarjana Fakultas Geografi UGM. Geo-environment Scholar Championship merupakan sebuah kegiatan perdana yang diselenggarakan oleh Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada dalam bentuk kompetisi lomba dengan peserta dalam bentuk tim yang merupakan delegasi setiap jurusan atau program studi kebumian dari seluruh universitas yang ada di Indonesia. GEOS merupakan inisiasi olimpiade geografi tingkat perguruan tinggi se Indonesia.

Kompetisi Geo-Environment Scholars Championship (GEOS) 2012 berlangsung selama dua hari, diikuti 16 tim dari 14 perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya dari Bandung, Tasikmalaya, Kupang, Malang, Papua, Padang, Semarang, Surakarta dan Yogyakarta.

Tema Geo-Environment Scholars Championship (GEOS) 2012 kali ini adalah : Geo-Information for Tropical Country Phenomena. Tema tersebut dispesifikasikan menjadi 3 subtema yaitu :

  1. Disaster Management, Tropical Diseases, Health and Environment
  2. Community Empowerment and Social Uniqueness
  3. Development of Technical Geo-Information’.

Seluruh peserta saling bersaing mengkaji sejumlah fenomena khas wilayahnya dengan dikaitan metode penelitian menggunakan informasi geografis setelah melalui seleksi berupa pengumpulan paper hasil penelitian. Selama GEOS berlangsung, peserta menjalani serangkaian seleksi berupa ujian tulis, ujian lapangan, kuliah umum, dan presentasi paper 10 besar. Ujian tulis berisi tentang dasar-dasar ilmu geografi yang mencakup fenomena-fenomena geosfer beserta alatnya. Ujian lapangan meliputi navigasi darat dan ujian tertulis dengan topik tertentu. Hadiah untuk pemenang GEOS ini adalah beasiswa S2 di Fakultas Geografi selama satu semester serta menjadi peserta prioritas dalam seleksi tes masuk S2.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi atas nama Fajrin Milady Ligor dan Anggy Destagiana berhasil masuk  sebagai nominator. Sedangkan yang berhasil menjuarai kompetisi ini adalah Nova Firnanda dan Gerry Kristian dari Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sumber :
http://krjogja.com/read/153207/ugm-menangi-kompetisi-geos-2012.kr

http://geos2012.geo.ugm.ac.id/about-geos-2012/